Minggu, 19 Juni 2016

Inti Bedanya Jaringan Internet 3G Dan 4G LTE

Bedanya 3G dan 4G - Dengan semakin majunya dunia teknologi sekarang ini khususnya untuk jaringan internet, maka pastinya sekarang sudah tak asing lagi dalam mendengar istilah jaringa 3G atau 4G. namun nampaknya bagi mereka yang tidak begitu mendalami dunia internet, mereka hanya nampaknya hanya sekedar tahu saja antara 4G atau 3G, namun tidak tahu tentang apa sebenarnya kedua jaringan tersebut, bahkan belum bisa membedakan antara keduanya. Sebelum mengetahui tentang bedanya 3G dan 4G, maka tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu 3G dan apa itu 4G. 3G memang hadir lebih awal dan merupakan generasi ke 3.

Bedanya 3G dan 4G

Sementara untuk 4G sendiri adalah generasi ke 4 dari jaringan internet dan merupakan penerus dari 3g itu sendiri. karena 4G memang merupakan generasi penerus, maka tak heran jika kemudian 4G memiliki kecepatan yang lebih baik dibandingkan dengan 3G.

Namun, nampaknya meski 4G memiliki kecepatan yang lebih tinggi, namun pengguna 4G ini pertumbuhannya masih tergolong lambat. Hal ini karena, di Indonesia sendiri masih jarang perangkat yang mendukung 4G, sementara untuk 3G memiliki dukungan yang lebih banyak. untuk mengetahui perbedaan diantara 4G dan 3G agar lebih jelas, maka beberapa ulasan berikut ini dapat dijadikan sebagai referensi.

Jaringan 3G, sebagai generasi ke 3 jaringan internet telah muncul sejak lama yaitu di kisaran tahun 2000an. Dan nampaknya kemunculan 3G pada saat itu benar-benar di waktu yang sangat pas sehingga perkembangan jaringan 3G ini terbilang sangatlah cepat dibandingkan 4G itu sendiri. ketika itu, ketika jaringan pada saat itu masih sangat sederhana, maka kemunculan 3G ini benar-benar menjadi suatu terobosan baru yang cukup menarik.

Terlebih lagi, ketika pada jaman itu, segala sesuatunya masih terlihat sederhana, maka jaringan 3G pada saat itu benar-benar telah mampu melaju sangat cepat untuk berselancar di dunia internet. selanjutnya, dalam perkembangannya, akhirnya kemudian muncullah jaringan EDGE yang memiliki kecepatan 3 kali lebih cepat dibandingkan dengan GPRS.

Sementara itu, dengan semakin majunya teknologi, dan semakin besarnya kebutuhan masyarakat akan jaringan internet yang lebih cepat, maka kemudian muncullah beberapa jaringan internet lainnya yang lebih cepat seperti HSPA, HSDPA dan HSDPA+, dan akhirnya, dewasa ini muncullah jaringan internet generasi ke 4 yang dikenal dengan sebutan 4G atau yang juga sering kita kenal dengan sebutan 4G LTE.

Kepanjangan dari 4G LTE ini sendiri adalah 4G Long Term Evolution Advanced. 4G ini sendiri memiliki kecepatan hingga mencapai 185 Mbps untuk dapat mengunduh serta memiliki kecepatan 41 mbps untuk mengunggah file. Namun nampaknya, karena jaringan ini tergolong sebagai sebuah jaringan yang baru, maka di Indonesia ini belum semua wilayah dapat mendukung secara penuh jaringan 4G ini. baru kota-kota besar saja yang nampaknya telah mendukung 4G.

Melihat beberapa penjelasan di atas, maka secara jelas bahwa bedanya 3G dan 4G ini terlihat paling mencolok hanyalah di masalah kecepatan saja. sementara yang lainnya nampaknya memang hampir sama karena keduanya memang sama-sama merupakan jaringan internet. dan selain itu, yang membedakan keduanya juga hanya terlihat dari waktu kemunculannya, dimana 3G telah muncul terlebih dahulu, sementara 4G sebagai generasi penerus dari 3G muncul belakangan.

Tags :