Jumat, 17 Juni 2016

Jadi Ini, Bedanya AM Dan PM

Bedanya AM dan PM - Bagi anda yang sering sekali menggunakan bahasa Inggris, maka pastinya akan seringkali menemukan penulisan waktu antara AM dan PM. Bagi orang yang telah belajar Bahasa Inggris dengan baik tentunya akan sangat paham tentang perbedaan diantaranya keduanya. Namun sebaliknya, bagi mereka yang belum tahu, maka untuk membedakan antara PM dan AM tentunya menjadi salah satu kesulitan tersendiri. Bagi anda yang saat ini tengah mencari informasi mengenai bedanya AM dan PM, maka berikut ini kami sampaikan sedikit ulasannya untuk kalian semua.

bedanya-am-dan-pm.jpg
Bedanya AM dan PM

Penulisan waktu antara AM dan PM sendiri merupakan penulisan waktu dalam Bahasa Inggris. Dibalik kebingungan orang awam yang bingung membedakan antara AM dan PM ini ternyata keduanya memiliki perbedaan yang sangat mudah untuk diketahui dan sangatlah sederhana. Dimana keduanya digunakan untuk membedakan antara malam dan siang hari. Dimana untuk AM digunakan untuk menyatakan waktu siang, sementara untuk PM digunakan untuk malam hari. Namun tentunya penulisan angka yang menggunakan PM dan AM ini hanya menggunakan deret angka 1 hingga 12 saja.untuk lebih jelasnya, maka akan diilustrasikan dengan gambaran berikut ini.

Di negara kita Indonesia, seringkali kita menulis jam 2 siang dengan tulisan waktu 14:00, sehingga kita akan langsung bisa menebak jika jam 2 yang dimaksud adalah jam 2 siang. Namun, jika kita menulisnya hanya dengan menggunakan pukul 2 saja tentunya kita akan merasa kebingungan, apakah jam 2 yang dimaksud tersebut jam 2 siang atau jam 2 dini hari. Untuk itulah maka digunakanlah tanda AM dan PM ini. sehingga untuk mengatakan jam 2 pagi akan dikatakan sebagai pukul 02:00 AM, sementara untuk jam 02:00 siang menggunakan tanda PM.

Selain itu juga, Bedanya AM dan PM ini juga terlihat pada kepanjangan keduanya. Dimana AM memiliki kepanjangan Ante Meridiem yang memiliki makna before Noon atau sebelum tengah hari. Sehingga melihat dari arti bahasanya tersebut, maka AM dimulai dari jam 12:00 malam hingga pukul jam 11:00 siang. Namun untuk jam 12:00 anda tidak boleh lagi menggunakan AM namun telah berganti dengan tengah hari. Sementara itu untuk arti dari PM adalah Post Meidiem atau memiliki makna After Noon atau setelah siang / tengah hari. Sehingga PM ini akan digunakan mulai pukul 12:00 siang hari. Dan akan berakhir hingga pukul 11:00 malam hari.

Dalam mencari Bedanya AM dan PM ini, mungkin ada yang bertanya mengapa pukul 12:00 siang menggunakan PM dan bukannya AM. Pada dasarnya ini mengacu pada makna arti dari PM dan AM itu sendiri. dimana AM yang memiliki arti Before Noon atau sebelum siang ini dikaitkan dengan pulu 12:00 di negera Ingggris. Dimana di Inggris pukul 12:00 dianggap sudah siang. Sehingga jam berapapun yang melebihi jam 12 siang dan sebelum jam 12 malam akan dianggap siang dan menggunakan PM. Demikian juga sebaliknya.

Terlebih lagi, waktu dunia memang sering menggunakan rentang waktu 12 jam saja, dan bukannya rentang 24 yang dapat lebih mudah terlihat, apakah itu malam, pagi atau siang hari. Sehingga, misalnya untuk menuliskan jam 04:00 pagi, akan ditulis pukul 04:00 AM sementara untuk menunjukkan pukul 04:00 sore menggunakan penulisan 04:00 PM dan bukannya pukul 16:00.

Tags :