Senin, 20 Juni 2016

Bedanya Sirloin dan Tenderloin

Bedanya Sirloin dan Tenderloin - Bagi mereka yang tidak begitu menggeluti dunia makanan nampaknya mendengar kata-kata Sirloin dan Tenderloin mungkin terasa sangat asing di telinga. Namun meskipun bagi mereka yang tidak menggeluti dunia makanan akan tetapi suka makan makanan Steak mungkin kedua kata tersebut tak lagi terdengar asing. Karena memang seringkali, bagi mereka yang sering mengunjungi warung khusus Steak, maka kedua kata antara Sirloin dan Tenderloin pasti akan ada pada menu. Lalu apa itu Sirloin dan Tenderloin? Dan apa bedanya Sirloin dan Tenderloin itu, maka mari kita simak selengkapnya.

Bedanya Sirloin dan Tenderloin

Yang pasti, terlepas dari perbedaan antara Sirloin dan Tenderloin, namun yang pasti kedua kata-kata terebut ada kaitannya dengan yang namanya daging sapi. Dimana kedua kata-kata tersebut adalah nama-nama bagi daging sapi. Bagi orang awam, menyebut bagian daging sapi seringkali hanya menyebutkan dengan jeroan, paha sapi atau perut sapi, namun bagi mereka yang memiliki keterampilan memasak secara profesional maka penyebutan bagian daging-daging sapi tersebut akan memiliki nama yang berbeda dan istilah yang berbeda seperti Chuck, Rib, Brisket dan tentu saja Sirloin dan Tenderloin. Dan memang, setiap daging tersebut memang memiliki karakteristik yang berbeda, dan menurut pemasak profesional, bagian-bagian tersebut juga memiliki kelezatan yang berbeda pula.

Sirloin sendiri adalah sebutan daging sapi yang berada pada bagian dekat belakang namun letaknya sebelum kaki belakang. Untuk Sirloin sendiri, dibagi menjadi 3 bagian yang berbeda yaitu Sirloin bagian atas, Sirloin yang berada di bagian Tanderloin dan juga bagian bottom Sirloin yang isinya hampir semua bagian otot di bagian bawah tpo sirloin. Diantara bagian-bagian Sirloj tersebut, dikatakan bahwa Top Sirloin merupakan bagian yang memiliki rasa yang paling lezat. Dan bagian Sirloin ini, akan terasa semakin lezat pada saat dimasak dengan cara di panggang. Sehingga tidak heran jika, daging ini akan sangat pas untuk dimasak dengan cara di Steak.

Sementara Tenderloin sendiri, merupakan bagian daging sapi yang terletak pada bagian pinggang dekat dengan bagian ginjal sapi karena bagian ini otot dagingnya seringkali tidak digunakan untuk melakukan kegiatan yang berat, maka tak heran jika daging bagian Tenderloin ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan memiliki rasa yang sangat lezat. Dan rasa kelezatan dari Tenderloin ini akan semakin sempurna , jika proses pengirisan yang dilakukan juga dengan metode yang benar.

Melihat secara sekilas dari penjelasan tersebut di atas, maka bedanya Sirloin dan Tenderloin ini telah sedikit terlihat, bahwa keduanya memiliki tingkat kelezatan yang berbeda, dimana bagian Tenderloin dirasa memiliki rasa yang lebih lezat karena memang memiliki tekstur yang lebih lembut. Dan karena hal itu pulalah maka kemudian harga yang dari Tenderloin memiliki harga yang lebih mahal. Selain itu, karena letaknya yang berbeda, maka bedanya Sirloin dan Tenderloin ini juga muncul pada teksturnya, dimana tekstur Sirloin terasa lebih agak terasa keras karena bagian Sirloin memang sering digunakan untuk melakukan berbagai pekerjaan berat dan tenderloin dirasa lebih lembut karena otot-otot Tenderloin memang tidak digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berat. Dan karena hal itu pulalah, maka daging pada bagian Tenderloin lebih lembut dan empuk saat dikunyah, sedangkan untuk Sirloin akan terasa lebih alot saat dikunyah. Namun meski begitu, Sirloin memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran dari Tenderloin.

Tags :