Sabtu, 18 Juni 2016

Bedanya Nabi Dan Rasul

Bedanya Nabi dan Rasul - Bagi umat Islam pastinya tau betul bahwa setiap umat Islam memiliki kewajiban untuk meyakini akan adanya Nabi dan Rosul. Bahkan mempercayai Nabi dan Rosul termasuk ke dalam salah satu Rukun Iman. Seperti yang kita tahu bahwa Nabi dan Rosul merupakan panutan kita untuk menjalankan kehidupan sekarang ini. baik itu mulai dari kisah-kisahnya, cara ibadahnya dan lain sebagainya. Namun nampaknya, masih banyak yang menganggap bahwa antara Nabi dan Rosul merupakan hal yang sama, padahal jika diteliti lebih lanjut ternyata keduanya adalah dua hal yang berbeda meskipun memang di beberapa tempat keduanya adalah sama.

bedanya-nabi-dan-rasul.jpg
Bedanya Nabi Dan Rasul
Namun yang pasti, di dalam Agama Islam, Rosul yang wajib diyakini berjumlah 25 dari 313 Rosul sementara Nabi memiliki jumlah yang lebih banyak yang sekitar 124.000. yang menyamakan keduanya hanyalah bahwa baik itu Nabi atau Rosul keduanya merupakan makhluk utusan Allah dan berjenis kelamin laki-laki, serta mereka memiliki 4 sifat wajib Siddiq, Amanah, Fathanah dan Tabligh. Lalu, apa bedanya Nabi dan Rasul itu?.

Ada beberapa poin yang dapat dijadikan patokan sebagai cara untuk membedakan antara Nabi dan Rosul. Beberapa diantaranya yaitu
  1. Hal pertama yang harus dipahami adalah bahwa Nabi adalah seorang laki-laki yang mendapatkan wahyu dari Allah. Namun wahyu yang didapatnya terebut hanya untuk dirinya sendiri dan tidak memiliki kewajiban untuk menyampaikannya kepada orang lain atau kepada umatnya. Sementara Rosul, meski sama-sama seorang laki-laki yang menerima wahyu dari Allah, namun ia memiliki kewajiban untuk menyampaikan wahyu yang diterimanya tersebut kepada umatnya. Meski Nabi memang tidak memiliki kewajiban dalam menyampaikan wahyu yang diterimanya namun bukan berarti, Nabi tidak diperbolehkan menyampaikannya kepada umatnya.
  2. Bedanya Nabi dan Rasul yang selanjutnya adalah Nabi yang sengaja di pilih untuk mengamalkan syariat yang pada dasarnya telah ada sebelumnya. Sementara untuk Rosul membawa wahyu yang baru. Selain itu juga, Rosul di utus untuk kaum yang memang belum beriman atau masih dalam keadaan kafir. Sedangkan untuk Nabi di utus pada kaum yang pada dasarnya memang telah beriman.
  3. Perbedaan antara Nabi dan Rosul juga terlihat pada pemberian kitab suci. Dimana Nabi tidak memiliki atau tidak diberikan Kitab Suci sementara untuk Rosul , ada beberapa diantaranya yang mendapatkan Kitab Suci yaitu Nabi Daud AS, Nabi Musa. AS , Nabi Isa. AS dan Nabi Muhammad SAW.
  4. Bedanya Nabi dan Rasul ternyata juga terlihat dari cara kematiannya. Dimana dalam proses kematiannya, Rosul Allah akan selalu diselamatkan oleh Allah dari segala bentuk macam percobaan pembunuhan, sedangkan Nabi ternyata meninggalnya ada yang berhasil di bunuh oleh kaumnya.
  5. Dalam memperoleh wahyu, seorang Nabi hanya mendapatkan wahyu melalui mimpi saja, sedangkan untuk Rosul, selain mendapatkan wahyu dari mimpi, terkadang mereka juga mendapatkan wahyu melalui malaikat dan bahkan dapat berkomunikasi secara langsung.
  6. Melihat beberapa perbedaan diantara Nabi dan Rosul tersebut, maka tentunya bisa diambil kesimpulan bahwa setiap Rosul pasti Nabi, sementara Nabi belum tentu Rosul. Sehingga jumlah Rosul memang lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah Nabi.
Setalah melihat perbedaan antara Nabi dan Rosul tersebut, semoga kedepannya anda tak lagi mengalami kesalahan dan juga kebingungan dalam membedakan antara pengertian Nabi dan Rosul.

Tags :