Rabu, 15 Juni 2016

Bedanya Baking Soda Dan Baking Powder

Bedanya baking soda dan baking powder - Mendengar nama antara baking soda dan making powder nampaknya masih sering membuat banyak orang merasa bingung lantaran keduanya sama-sama menggunakan kata-kata Powder. Namun tentunya, bagi mereka yang bergelut di bidang kuliner khususnya bagi mereka yang bergelut memproduksi kue, cookies, cake dan sejenisnya, maka pastinya medengar kedua hal tersebut bukan menajdi barang yang asing lagi. lantaran antara baking soda dan beking powder merupakan dua bahan yang wajib ada dalam bisnis mereka. sehingga, dengan sangat meyakinkan mereka pastinya akan bisa tahu tentang Bedanya baking soda dan baking powder.

bedanya-baking-soda-dan-baking-powder.jpg
Bedanya Baking Soda Dan Baking Powder

Jika kita melihat sekilas, nampaknya tak menjadi hal yang cukup mengejutkan jika banyak orang awam yang merasa kebingungan untuk membedakannya. Karena dilihat secara sekilas keduanya memang memiliki bentuk yang hampir sama yaitu sama-smaa berbentuk bubuk berwarna putih. Tak hanya itu saja, keduanya juga memiliki fungsi yang hampir sama yaitu untuk bahan pengembang yang nantinya akan memberikan tekstur berongga-rongga pada kue.

Sehingga, tak heran jika keduanya memang nampak idendtik. Akan tetapi jika anda jeli dan cermat melihatnya pada dasarnya keduanya memang memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok. Untuk mengetahui tentang Bedanya baking soda dan baking powder ini sendiri tentunya, kita harus mengetahui secara detail tentang bahan pembentuknya serta kegunaanya.

Hal pertama yang akan kita bahas terlebih dahulu adalah Baking Powder. Baking Powder ini merupakan salah satu bahan pengembang kue yang terbuat dari bahan Sodium Bikarbinat yng telah dicampur dengan bahan kimia lainnya yaitu pengemulsi serta Sodium Asam Pirofosfat. Dengan bahan pembentuk yang seperti itu, maka pad as akhirnya Baking Powder ini pun memiliki sifat asam yang lemah.

Sehingga, saat Baking Powder ini digunakan untuk mengembangkan kue yang tidak mengandung asam, maka kue atau roti masih bisa mengembang secara sempurna dan tanpa hambatan. Mereka yang bergelut di bidang kuliner jenis kue atau cake pastinya tahu betul kelebihan dari Baking Powder ini adalah tidak adanya efek merubah rasa makanan saat untuk adonan Baking Powder ini dicampurkan ke dalam adonan. Hal ini dikarenakan, Baking Powder ini hanya mengandung Sodium Bikarbonatnya terbilang sangat sedikit.

Sementara untuk Baking Powder merupakan salah satu bahan pengembang yang terbuat dari bahan Sodium Bikarbonat yang masih murni dengan tanpa adanya campuran zat lainnya. karena Sodium Bikarbonatnya masih murni, maka nantinya senyawa ini akan bereaksi dengan senyawa asam dan akan mengeluarkan gelombang CO2 pada adonan kue. Selain itu juga, nampaknya karena senyawanya yang masih murni itulah, maka Baking Powder ini memeliki reaksi yang lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan Baking Powder. Sehingga, bagi anda yang menggunakan Baking Powder untuk membuat kue atau jenis makannnya lainnya, maka ada baiknya untuk segera dimasukkan ke dalam proses berikutnya.

Setelah melihat Bedanya baking soda dan baking powder tersebut, maka bisa dikatakan bahwa kecepatan reaksi mengembangnya antara Baking Powder dengan Baking Soda nampaknya di menangkan oleh Baking Powder. Sehingga, diharapkan setelah melihat perbedaan keduanya, maka anda yang berniat ingin memasak kue atau cake dan berkeinginan untuk menggunakan kedua bahan tersebut, anda bisa lebih tahu dan dapat menggunakannya secara tepat, kira-kira bahan pengembang mana yang hendaknya digunakan, apakah menggunakan Baking Powder atau menggunakan Baking Soda.

Tags :