Rabu, 22 Juni 2016

Inilah Bedanya Kamera SLR Dan DSLR

Bedanya SLR dan DSLR - Bagi mereka yang memang menekuni dunia Fotografi, pastinya mendengar kamera SLR dan DSLR tentunya bukan lagi menjadi hal yang asing lagi. bahkan bagi mereka yang tidak menekuni dunia fotografi sekalipun, nampaknya istilah kamera SLR dan DSLR cukup familiar juga ditelinga mereka. hanya saja, meski masyarakat awam sering mendengar istilah kamera SLR dan DSLR, namun kemungkinan masih banyak yang belum mengetahui tentang bedanya SLR dan DSLR tersebut. tentunya untuk daat mengetahui dengan lebih jelas mengenai perbedaan keduanya, ada baiknya untuk membahasnya terlebih dahulu satu persatu.

Bedanya SLR dan DSLR

Hal pertama yang akan kita bahas disini ada baiknya membahas tentang kamera SLR terlebih dahulu. mengapa demikian?, hal ini penting dilakukan karena memang kamera SLR muncul terlebih dahulu ke pasaran dibandingkan dengan kamera DSLR. Sebagai generasi yang muncul di awal maka pastinya di beberapa tempat, beberapa spesifikasi yang dimiliki oleh kamera SLR ini lebih kuno dibandingkan dengan kamera DSLR.

Dimana kamera SLR merupakan sebuah kamera dengan menggunakan lensa tunggal atau Single Lens Reflektion. Karena hanya menggunakan Single Lens Reflextion, maka tak heran jika kamera SLR ini hanya menggunakan jalur tunggal untuk dapat melewatkan cahaya ke dua tempat foakel plae da juga viewfinder. Dengan adanya tehnik inilah maka kemudian pengguna kamera SLR ini mampu melihat objek kamera persisi seperti aslinya. Dan nampaknya pada sisi ini jugalah yang sedikit berbeda dengan kamera DSLR karena untuk kamera DSLR bisa jadi pandangan yang nampak pada viewfinder akan terlihat berbeda dengan apa yang nantinya di tangkap oleh film akibat penggunaan jajaran lensa ganda yang ada di dalamnya.

Selain itu, bedanya SLR dan DSLR juga terlihat pada bagian harganya. Namun tentunya hal ini cukup di maklumi karena dengan beberapa kecanggihan yang dimiliki oleh kamera DSLR yang tidak ditemui dibagian kamera SLR, maka harga dari kamera DSLR tentu dibandrol dengan harga yang lebih mahal. Dan tentunya, selain harga yang mampu membedakan keduanya, antara kamera SLR dan DSLR ini juga terlihat berbeda pada bagian penggunaan pentaprismanya.

Dimana kemampuan pentaprisma ini dimiliki oleh kamera SLR yang sengaja ditempatkan pada bagian jalur optical untuk melewati sebuah lempengan film. Ketika sedang melepaskan tombol, maka kaca akan membuka jalan cahaya sehingga nantinya cahaya akan mengenai film. Selain itu juga, media yang digunakan oleh kamera SLR terletak pada bagian 35 mm atau analog serta tidak memerlukan prosesor digitalis atau pun juga kompresi data sehingga hasil jepretan langsung bisa dilihat hasilnya.

Sedangkan untuk kamera DSLR sendiri, tentunya tidak menggunakan sistem tersebut. yang pasti kamera DSLR memang memiliki teknologi yang jauh lebih canggih dibandingkan dengan kamera SLR. Sehingga jangan heran jika pada kamera DSLR akan ditemukan lebih banyak tombol serta lebih banyak fitur untuk dapat menghasilkan gambar yang bagus. Dan bedanya SLR dan DSLR ini semakin terlihat dengan jelas adalah adanya ketersedian slot memori card pada kamera DSLR yang lebih dari satu.

Namun yang pasti, terlepas dari banyaknya perbedaan diantara kamera SLR dan DSLR ini, namun tetap saja keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu digunakan sebagai suatu alat untuk mengambil gambar sebuah objek atau juga digunakan untuk merekam berbagai moment-moment dalam hidup anda.

Tags :