Sabtu, 25 Juni 2016

Bedanya Kenari Jantan dan Betina

Bedanya kenari jantan dan betina - Burung Kenari merupakan salah satu jenis burung yang cukup banyak diminati oleh para pecinta burung. Banyak hal yang menarik yang dimiliki oleh Burung Kenari ini sehingga membuatnya memiliki banyak penggemar, selain karena burung ini memang memiliki bulu yang memiliki warna indah, kicuan Burung Kenari yang terdengar indah dan merdu nampaknya menjadi salah satu alasan juga mengapa burung yang memiliki postur tubuh yang mungil ini banyak diminati.

Namun tentunya, untuk dapat memiliki jumlah Burung Kenari yang banyak, anda tak perlu harus terus membeli namun ada baiknya jika anda menangkarnya sendiri. sebelum melakukan penangkaran, ada satu hal yang paling penting yang harus dilakukan oleh anda yang berniat untuk menangkar Burung Kenari yaitu harus mengetahui tentang bedanya kenari jantan dan betina.

Bedanya kenari jantan dan betina

Tidak heran jika, banyak orang awam yang merasa kebingungan dalam membedakan antara Burung Kenari jantan dengan Burung Kenari yang betina. Karena secara sekilas, Burung Kenari ini memang memiliki bentuk yang cukup mirip antara burung yang jantan dan betina. Untuk mampu membedakan antara Burung Kenari jantan dan betina ada baiknya untuk mengetahui umur Burung Kenari tersebut karena usia burung nampaknya juga memberikan ciri-ciri yang beda pada Burung Kenari.
  1. Burung Kenari Usia 3-4 hari.
    Ketika Burung Kenari berusia 3-4 hari perbedaan diantaranya keduanya akan terlihat jelas jika kita melihatnya pada bagian pembuluh vena yang terletak di bagian sebelah perut dan menuju dubur. Dan jika Burung Kenari tersebut memiliki ciri tersebut, maka bisa dipastikan bahwa Burung Kenari tersebut berkelamin jantan.
  2. Burung Kenari usia 7 hari.
    Bedanya kenari jantan dan betina ini bisa terlihat ketika Burung Kenari telah berusia 7 hari. Perbedaan diantara keduanya akan terlihat pada posisi mata keduanya. Jika posisi mata terlihat sejajar dengan paruhnya bisa dipastikan jika Burung Kenari tersebut memiliki kelamin jantan. Karena jika diteliti lebih lanjut ternyata Burung Kenari betina memiliki posisi mata yang sedikit lebih tinggi di bandingkan dengan letak paruhnya. Selain itu, ukuran kepala juga bisa dijadikan patokan untuk membedakan keduanya. Dimana ukuran Burung Kenari jantan memiliki ukuran yang lebih ramping, sedangkan untuk yang betina memiliki bentuk kepala yang cenderung lebih bulat.
  3. Burung Kenari usia 2- 3 minggu
    Karena usianya telah mencapai mingguan maka Burung Kenari sudah memiliki kemampuan untuk melompat-lompat. Dan lompatan ini nampaknya juga bisa digunakan sebagai salah satu tanda untuk mengetahui bedanya kenari jantan dan betina. Dimana Burung Kenari jantan terlihat lebih aktif dan memiliki lompatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang betina. Selain itu, dengan usia mingguan maka postur tubuhnya juga telah jelas terlihat. Dimana untuk Burung Kenari yang jantan tentunya memiliki postur tubuh yang lebih besar dan lebih panjang dibandingkan dengan Burung Kenari yang betina.
  4. Bentuk kakinya.
    Tak hanya postur tubuhnya, bentuk kaki Burung Kenari juga terlihat berbeda antara yang jantan dan yang betina. Burung Kenari yang berkelamin jantan nampaknya memiliki kaki yang lebih panjang dengan jari-jari yang merenggang, sedangkan untuk Burung Kenari yang betina memiliki ukuran kaki yang lebih pendek serta jari-jarinya memiliki bentuk yang lebih rapat.
Yang pasti, untuk mampu membedakan keduanya, maka anda memang harus melihatnya secara detail.

Tags :