Jumat, 17 Juni 2016

Bedanya Margarin Dan Mentega

Bedanya margarin dan mentega - Tanpa kita sadari, seringkali kita menyebut margarin dan mentega adalah dua bahan masak yang sama. Sehingga, seringkali kedua nama tersebut digunakan untuk menyebut nama bahan yang sama. Padahal, ternyata keduanya adalah dua hal yang berbeda. Bagi mereka yang memang telah sering bergelut dengan dunia masak memasak, tentunya tahu jika margarin dan mentega itu merupakan dua bahan makanan yang berbeda. Namun bagi orang awam, nampaknya masih belum tahu jika keduanya adalah dua hal yang berbeda. Lalu apa bedanya margarin dan mentega itu?. kita simak yuk penjelasannya.

bedanya-margarin-dan-mentega.jpg
Bedanya Margarin Dan Mentega

Ketika banyak orang yang kesulitan membedakan antara margarin dan mentega baik itu mulai dari teksturnya, secara fisiknya atau juga komposisinya, nampaknya hal tersebut memang cukup patut dimaklumi, karena keduanya memang memiliki bentuk yang mirip karena keduanya sama-sama berbentuk padat berwarna kuning. Bahkan beberapa diantaranya, menyebut keduanya sama dan hanya beda kebiasaan. Namun ternyata, jika dipelajari lebih lanjut, keduanya memiliki banyak sisi yang berbeda dan memang harus dibedakan. Bedanya margarin dan mentega ini nampaknya memang harus di ulas satu persatu agar nantinya akan terlihat perbedaan keduanya.

Pembahasan yang akan dibahas terlebih adalah mengenai margarin. Ternyata margarin ini dibuat dari lemak nabati yang dalam prosesnya telah dicampur dengan pengemulsi serta bahan-bahan pendukung lainnya. sehingga dengan adanya pengemulsi tersebut akhirnya margarin ini bisa memiliki bentuk krim yang setengah padat serta memiliki tekstur yang lebih kaku jika dibandingkan dengan mentega. Untuk mempermudah membedakan keduanya, secara sekilas ternyata Margarin ini memiliki warna kuning yang lebih terang.

Selain itu, mentega ini memiliki fisik yang lebih kuat, yang tidak akan begitu saja meleleh pada suhu ruangan yang tinggi. selain itu juga, margarin juga memiliki daya tahan yang lebih lama dan juga memiliki rasa yang lebih asi dibandingkan dengan margarin. Melihat teksturnya yang padat, maka untuk penggunaanya maka margarin ini akan sangat cocok digunakan untuk bahan pembuat kue atau cake serta beberapa bahan kue basah lainnya serta dalam digunakan untuk memasak, menumis dan juga menggoreng. Namun karena margarin ini memiliki banyak kandungan lemak tak jenuh, maka membuatnya memiliki aroma yang khas dan bersifat asam.

Pembahasan yang kedua tentunya adalah mengenai mentega. Ternyata mentega ini terbuat dari lemak hewani yang biasanya terbuat dari krim susu dan juga lemak susu. Jika melihat teksturnya, secara sekilas, tekstur mentega ini cenderung lebih lembek sehingga membuatnya memiliki daya tahan yang tidak begitu lama dibandingkan dengan margarin, sehingga membuat margarin lebih mudah tengik dan mudah terkontaminasi.

Tak hanya itu saja, karena bentuknya yang lembek itu juga, maka margarin akan sangat mudah sekali meleleh ketika ditempatkan pada suhu yang tinggi. sementara itu, untuk warnanya, nampaknya warna mentega ini juga cenderung lebih pucat dibandingkan dengan warna margarin. Meski di beberapa tempat memang margarin ini memiliki banyak kelemahan, namun nyatanya banyak orang yang lebih memilih menggunakan mentega dibandingkan margarin karena memang mentega memiliki rasa dan aroma yang cenderung lebih lezat.

Karena bedanya margarin dan mentega ini terbilang cukup banyak, maka tak heran jika secara teknis keduanya pada dasarnya tidak bisa saling menggantikan. Namun meski begitu jika keduanya dipadukan malah akan mendapatkan hasil yang lebih sempurna untuk setiap olahan makanan yang anda buat.

Tags :